Cara Pasang Sensor Cahaya (foto sel) Untuk Lampu

Minggu pagi ini kerja bakti di RT sendiri untuk memasang sensor cahaya agar lampu jalan di depan rumah masing-masing dapat bekerja secara otomatis. Kondisi malam lampu akan nyala dan siang lampu akan mati secara otomatis, alat (sensor) yang berperan adalah foto sel. Foto sel ini didalamnya terdapat LDR (Light Dependent Resistor), komponen inilah sensor utama untuk memberi perintah mati-nyala lampu. Harga foto sel ini bervariasi ada yang berharga: 30 ribu, 45 ribu dan 65-70 ribu tergantung merk dan kualitas.

Cara pemasangannya mudah saja, hampir secara umum ada 3 kabel dengan warna RED(load), White (Common/neutral) danBlack (Line). Maksud dari keterangan ini untuk Anda yang bukan orang listrik adalah:

Kabel lampu ada 2, kabel PLN ada 2.
Kabel warna merah fotosel untuk ke kabel lampu (1), kabel warna putih foto sel ke kabel lampu (2).
Kabel masukan dari PLN kabel PLN (1) ke kabel foto sel warna hitam dan kabel PLN (2) ke kabel foto sel ke warna putih.

Penjelasan secara tertulis ini akan lebih ringkas jika saya terangkan dengan skema gambar.Point penting ini merupakan penjelasan mengapa dalam belajar kita lebih cepat menangkap informasi dengan cara menuangkan dalam bentuk bahasa Gambar.


Bandingkan dengan melihat gambar ini dari pada baca teks penjelasan di atas, pasti lebih cepat memahami dengan bentuk gambar seperti ini kan? Jika ANDA ingin mengetahui SKEMA RANGKAIAN lebih lanjut dapat menuju link ini technosains.com 

Komentar

Postingan Populer